Terbentuk Sejak 1999, Beginilah Pasang Surut Karier Band Seventeen, Sedih!

Band Seventeen menjadi korban atas musibah di Anyer yang melanda pada Sabtu (22/12/2018) malam. Dua dari empat personel mereka yaitu Bani (bassist) serta Herman (gitaris) dinyatakan telah berpulang. Sementara sang penabuh drum, Andi, hingga berita ini diturunkan, Minggu malam, masih belum diketahui kondisinya. Hanya sang vokalis, Ifan, yang berhasil ditemukan selamat.

Band Seventeen sendiri, bukan nama baru di belantika musik Tanah Air. Band ini berdiri sejak 1999. Seventeen didirikan oleh pemuda asal SMA swasta di Yogyakarta yaitu Yudhi Rus Harjanto (Yudhi), Herman Sikumbang (Herman), dan Windu Andi Darmawan (Andi). Ingin membentuk band secara serius, mereka menggaet Bani, sepupu Yudhi. Pemilihan nama Seventeen sendiri adalah lantaran seluruh personelnya saat itu berusia 17 tahun. 

Sponsored Ad

Semula, band ini mengusung aliran poprock sebagai kemasan musiknya.  Di album pertamanya, Seventeen juga sempat menggaet Arie Untung untuk berkolaborasi dalam lagu "Jibaku"

Sponsored Ad

Perubahan yang cukup signifikan terlihat saat Seventeen merilis album ketiga, Lelaki Hebat. Kehadiran Ifan, sang vokalis menggantikan posisi Doni yang hengkang pada 2008, yang membuat perubahan tersebut sangat terasa. Karakter vokal Ifan Seventeen yang khas berwarna pop dan manis membawakan lagu-lagu ballad, membuat Seventeen meninggalkan warna rock yang sebelumnya kental diisi oleh suara Doni. Di album ini pula, Seventeen ditinggal oleh dua personel lainnya yaitu Andi, dan Zozo.

Sponsored Ad

Di album Lelaki Hebat ini, Seventeen membuat gebrakan saat merilisnya pada Maret 2008 silam. Ifan dkk mendatangi pusat perbelanjaan elektronik di Glodok, Jakarta Barat. 

Ketimbang merayakan perilisan album ketiga ini dengan pesta pora, mereka memilih untuk melawan pembajakan yang sudah menjadi masalah klasik dalam industri musik Tanah Air. "Pembajakan membuat industri musik terpuruk. Kami yang mencari nafkah sebagai band jelas sangat dirugikan," kata Ifan saat itu. Di album ini, Andi juga kembali mengisi posisi penabuh drum setelah sebelumnya fokus dengan kariernya di bidang perbankan.

Sponsored Ad

Selang tiga tahun dari album ketiga, Seventeen merilis album keempat mereka, Dunia Yang Indah, dengan hits singel "Jaga Slalu Hatimu". Formasi band Seventeen ini hanya bertahan hingga 2013. Karena perbedaan visi, akhirnya Yudhi memilih hengkang dari grup musik Seventeen dan menyisakan orang-orang yang masih bertahan hingga saat ini. Mereka adalah Bani, Herman, Andi dan Ifan. Bani dan Herman sudah berpulang akibat musibah tsunami Anyer, Sabtu malam. Sementara Andi belum ditemukan. Ifan, personel yang sejak Minggu pagi dipastikan selamat, jadi nelangsa dan sedih pada nasib teman-temannya.


Sumber: Liputan6


Kamu Mungkin Suka